MENU LAYANAN
CEK PERKARA
DATA PERKARA
REALISASI ANGGARAN
TRANSPARANSI
KEARSIPAN
STATISTIK
GALERI
 
 

Arsip Berita Kegiatan . Berita Hukum .


INFORMASI & KEBIJAKAN UMUM

Berita Aktual
Inilah 15 Hakim Ad Hoc Tipikor Pilihan Pansel
Minggu, 15 November 2015 20:50

Hukumonline.com - Setelah menggelar seleksi profile assessment dan wawancara, akhirnya Panitia Seleksi (Pansel) Calon Hakim Ad Hoc Pengadilan Tindak Pidana Korupsi menetapkan 15 nama yang lolos. Pansel menilai kelima belas Calon Hakim Ad Hoc Tipikor ini dianggap yang terbaik dari 58 calon yang telah mengikuti seleksi profile assessment dan wawancara sebagai seleksi tahap akhir.

“Hasil rapat Kamis (12/11) kemarin, Pansel memutuskan 15 nama yang dinyatakan lulus seleksiprofile assesment termasuk wawancara,” jelas Ketua MA M. Hatta Ali usai acara Pengumuman Pemenang Kompetisi Inovasi Layanan Peradilan di gedung MA, Jum’at (13/12).

Para hakim yang lolos akan dibagi berdasarkan tingkatan pengadilan. Sebanyak 11 calon bertugas di Pengadilan Tipikor tingkat pertama dan 4 calon hakim ad hoc tipikor tingkat banding. Dia mengatakan 15 nama yang diluluskan berdasarkan standar kualitas dan integritas yang telah ditetapkan Pansel Calon Hakim Ad Hoc Tipikor. Hatta menegaskan penetapan 15 nama sudah melalui pembahasan yang alot dan telah mempertimbangkan masukan dari masyarakat. “Semua dipertimbangkan termasuk masukan dari Komisi Yudisial (KY),” ujarnya.

Hakim Ad Hoc Tipikor Lolos Seleksi 2015
Tingkat Pertama
Tingkat Banding
Soeherman, Dedi Ruswandi, Gustap Paiyan Maringan Marpaung, Edwar, Ali Muhtarom, Ibnu Kholik, Mulyono Dwi Purwanto, Darwin Panjaitan, Bernard Panjaitan, Efendy Hutapea, dan Aminul Rahman.M. Yulie Bartin Setyaningsih (PT DKI Jakarta), Hulman Siregar (PT Palangkaraya), Uding Sumardiana (PT DKI Jakarta), dan Tigor Samosir (PT Medan).











Meski membutuhkan cukup banyak hakim ad hoc tipikor, kata Hatta Ali, Pansel Calon Hakim Ad Hoc Tipikor MA tidak mau memaksakan diri hanya sekadar memenuhi target. “Kita sebenarnya butuhnya banyak, tetapi kita tidak boleh melihat kuantitasnya saja. Kita tetap mengedepankan kualitasnya. Kita butuh lebih dari 50 orang,” katanya.

Di tempat sama, Ketua Pansel Calon Hakim Ad Hoc Tipikor, Artidjo Alkostar menambahkan dasar meluluskan 15 nama ini juga sudah mempertimbangkan masukan-masukan dari masyarakat. “Kita sudah mempertimbangkan masukan dari Koalisi Pemantau Peradilan dan KY. Masyarakat juga banyak yang memberikan masukan,” katanya.

Koalisi Pemantau Peradilan dan KY telah menyerahkan hasil rekam jejak terhadap 58 calon hakim ad hoc tipikor yang mengikuti seleksi profile assessment dan wawancara pada Pansel. KPP menilaimayoritas calon hakim ad hoc tipikor tak layak terpilih. Pasalnya, dari 37 calon dari 58 calon yang telah lulus seleksi administratif dan tertulis tidak memenuhi syarat integritas, kompetensi dan independensi. Misalnya, 18 calon terindikasi pencari kerja, sebagian besar calon tak memahami isu korupsi secara baik, 5 calon yang berafiliasi dengan partai politik dan 3 calon memiliki hubungan keluarga dengan hakim.

Sebelumnya Komisi Yudisial merekomendasikan 11 calon yang layak untuk diloloskan karena dianggap memenuhi syarat integritas dan kualitas. Dari 11 nama itu terdiri dari 5 calon dari pengadilan tingkat pertama dan 6 orang dari tingkat banding dengan memberi tanda warna hijau. Sedangkan, 24 nama terdiri dari 14 calon dari pengadilan tingkat pertama dan 10 nama dari tingkat banding dengan diberi tanda warna kuning. Sisanya, ada 23 nama yangdiberi tanda warna merah.

Inilah 15 Hakim Ad Hoc Tipikor Pilihan Pansel
 
     

 
MENU UTAMA

INFO BIAYA PERKARA
POLLING
Apakah anda setuju jika perkawinan beda agama dilegalkan di Indonesia?
 
KUNJUNGAN

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari Ini45
mod_vvisit_counterKemarin658
mod_vvisit_counterMinggu Ini2228
mod_vvisit_counterMinggu Lalu4191
mod_vvisit_counterBulan Ini14298
mod_vvisit_counterBulan Lalu30731
mod_vvisit_counterSeluruhnya2521340

BANNER INSTANSI
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner

BANNER ORGANISASI
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner